Jumat, 07 Desember 2012

Perkembangan & Pengertian Human Relation

Perkembangan Human Relation
·         Sebagai suatu konsep, HR telah melalui proses perjuangan dan pengujian yang sangat panjang, disertai pembuktian gejala hubungan manusia dalam proses produksi, baik produksi jasa maupun barang.
·         Gerakan HR disekitar tahun 1850 dirintis oleh Jack Hallowan, Ketika perhatian banyak tertuju kepada kebutuhan para pekerja mempengaruhi produktifitas kerja.
·         Sebelumnya para manajer memandang para pekerja sebagai komoditi yang dapat diperjual belikan, bekerja dengan waktu yang teramat lama dengan upah yang rendah, serta kondisi kerja yang menyedihkan. ( gerakan kaum buruh )
·         Pada Masa Perbudakan HR tidak dapat diterapkan sebagaimana mestinya.
·         Kemajuan tekhnologi adanya Revolusi Industri menimbulkan pemikiran tentang peran tenaga manusia dalam organisasi mulai tahun 1760 di Inggris sampai penyebarannya ke Negara lain.
Revolusi Industri
·         Mengakibatkan adanya pergantian tenaga kerja ke mesin, secara tidak langsung menimbulkan perbandingan antara tenaga kerja dengan mesin.
·         Kemudian menimbulkan kesadaran bahwa sekalipun serba lengkap, serta mantapnya tenaga mesin, keberadaan manusia masih menjadi factor yang sangat strategis.
The Principle of Scientific Management
4 prinsip :
1.       Menghapus system coba-coba dan setiap pekerjaan dengan menerapkan ilmu pengetahuan.
2.       Memilih & menetapkan pegawai yang terbaik untuk selanjutnya dikembangkan (dikelola & dididik)
3.       …..
4.       …..
Prinsip HR
1.       Pembagian Kerja
2.       Wewenang
3.       Disiplin
4.       Kesatuan Komando
5.       Kesatuan tujuan
6.       Subordinasi minat individu dibawah minat pada umumnya
7.       Hadiah
8.       Sentralisasi
9.       Tertib
10.   Kesemerataan
11.   Stabilitas / jabatan
12.   Inisiatif
13.   Jiwa Korp / kesetiaan
Human Relation
·         Arti luas : suatu interaksi antara seseorang dengan orang laindalam situasi dan dalam segala bidang kehidupan dengan tujuan memperoleh saling pengertian dan kepuasan antara kedua belah pihak
·         Arti sempit : suatu interaksi antara seseorang dengan orang lain akan tetapi interaksi tersebut hanya terbatas pada suatu situasi kerja dalam organisasi kekaryawanan.
Funsi HR :
1.       Menghilangkan hambatan komunikasi
2.       Mencegah salah pengertian
3.       Mengembangkan aspek konstruktif dari sifat dan tabiat manusia
4.       Mengintegrasikan orang-orang kedalam situasi kerja
5.       Menggiatkan / semangat untuk bekerjasama disertai rasa puas, baik kepuasan ekonomi, psikologis, dan sosial
Empat hal penting dalam komunikasi efektif
1.       Public kita adalah manusia, sehinga tidak pernah bebas dari pengaruh apapun
2.       Manusia itu cenderung memperhatikan, membaca, atau mendengarkan pesan yang sesuai dengan kebutuhan atau sikapnya
3.       Adanya berbagai media beragam, memberikan efek beragam pula bagi publiknya
4.       Media massa memberikan efek dengan variasi besar kepada public atau perorangan atau kelompok
Komunikasi efektif verbal :
·         Jelas dan ringkas
·         Perbendaharaan kata
·         Arti deno/kono
·         Intonasi
·         Kecepatan berbicara
·         Humor
Komunikasi efektif non verbal :
·         Penampilan fisik
·         Sikap tubuh dan cara berjalan
·         Ekspresi wajah
·         Sentuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar