Human relation merupakan factor
penting dalam lingkungan pergaulan besar atau kecil. Sukses dan kebahagiaan
kita tergantung dari sikap dan tindakan orang lain, sikap orang lain tergantung
dari perilaku kita(KC Ingham). Manusia kehilangan pekerjaannya lebih banyak
disebabkan oleh sifat-sifat aneh, daripada kekurangan di bidang teknis atau
ketidakcakapannya ( max schoen ). Bergaul yang sukses diantaranya bersikap
ramah, dengan sepatah kata yang menyenangkan sebelum orang lain mendahului.
Sifat-sifat HR :
1. Ramah
2. Perkataan
yang menyenangkan
3. Sikap
menghargai orang lain
4. Memperhatikan
kepentingan orang lain dengan jujur
5. Memperlakukan
orang lain sebagai individu
6. Mengakui
seseorang penting sebagai manusia
7. Mencari
sifat-sifat positif dan mengakuinya
Pengertian HR
Ditinjau
dari sudut pimpinan yang bertanggung jawab dalam memimpin kelompok, HR adalah
interaksi dari orang-orang kedalam suasana kerja dengan motivasi, mereka akan
bekerjasama secara produktif, kooperatif, dengan kepuasan yang baik mengenai
segi ekonomi, psikologi, maupun sosialnya. Bila tujuan tersebut tercapai akan
tercipta “succesfull group effect” yaitu orang-orang bekerjasama dengan rasa
puas, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang diharapkan.
Key activity HR
Motivasi
yang ditimbulkan dari sebuah keinginan atau kebutuhan merupakan kegiatan HR
yang efektif.
Dua Motivasi management Bagi
pegawai
1. Membangkitkan
kesadaran pegawai bahwa kegiatan yang dikehendaki organisasi, hasilnya mampu
memenuhi kebutuhan mereka di masa yang akan datang.
2. Membangkitkan
kesadaran agar dapat mengikuti seluruh kegiatan organisasi, guna menghindari
kemerosotan yang akan membawa akibat buruk bagi para pegawai.
Falsafah dasar HR
·
Kepentingan bersama ( mutual interest )
·
Perbedaan antar individu
·
Harga diri ( human dignity )
Human Dignity
·
Merupakan etika dan dasar moral HR
·
Hasil penelitian personal want, setiap manusia
ingin diperlakukan secara respect
·
Seorang pemimpin dapat meminta pendapat
bawahannya berkaitan dengan kepentingan mereka
·
Mengucapkan terimakasih dan menunjukan kepuasan
atas tugas yang telah diselesaikan
·
Menunjukan perhatian bila ada persoalan
Prinsip – prinsip HR
·
Importance of individual
·
Mutual acceptance
·
Common interest
·
Open communication
·
Participation employee
·
Local identify
·
Local decision
·
Hight moral standards
terimahkasih sudah memposting..
BalasHapus