Jumat, 07 Desember 2012

Human Relation


Human relation merupakan factor penting dalam lingkungan pergaulan besar atau kecil. Sukses dan kebahagiaan kita tergantung dari sikap dan tindakan orang lain, sikap orang lain tergantung dari perilaku kita(KC Ingham). Manusia kehilangan pekerjaannya lebih banyak disebabkan oleh sifat-sifat aneh, daripada kekurangan di bidang teknis atau ketidakcakapannya ( max schoen ). Bergaul yang sukses diantaranya bersikap ramah, dengan sepatah kata yang menyenangkan sebelum orang lain mendahului.
Sifat-sifat HR :
1.       Ramah
2.       Perkataan yang menyenangkan
3.       Sikap menghargai orang lain
4.       Memperhatikan kepentingan orang lain dengan jujur
5.       Memperlakukan orang lain sebagai individu
6.       Mengakui seseorang penting sebagai manusia
7.       Mencari sifat-sifat positif dan mengakuinya
Pengertian HR
                Ditinjau dari sudut pimpinan yang bertanggung jawab dalam memimpin kelompok, HR adalah interaksi dari orang-orang kedalam suasana kerja dengan motivasi, mereka akan bekerjasama secara produktif, kooperatif, dengan kepuasan yang baik mengenai segi ekonomi, psikologi, maupun sosialnya. Bila tujuan tersebut tercapai akan tercipta “succesfull group effect” yaitu orang-orang bekerjasama dengan rasa puas, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang diharapkan.
Key activity HR
                Motivasi yang ditimbulkan dari sebuah keinginan atau kebutuhan merupakan kegiatan HR yang efektif.
Dua Motivasi management Bagi pegawai
1.       Membangkitkan kesadaran pegawai bahwa kegiatan yang dikehendaki organisasi, hasilnya mampu memenuhi kebutuhan mereka di masa yang akan datang.
2.       Membangkitkan kesadaran agar dapat mengikuti seluruh kegiatan organisasi, guna menghindari kemerosotan yang akan membawa akibat buruk bagi para pegawai.
Falsafah dasar HR
·         Kepentingan bersama ( mutual interest )
·         Perbedaan antar individu
·         Harga diri ( human dignity )
Human Dignity
·         Merupakan etika dan dasar moral HR
·         Hasil penelitian personal want, setiap manusia ingin diperlakukan secara respect
·         Seorang pemimpin dapat meminta pendapat bawahannya berkaitan dengan kepentingan mereka
·         Mengucapkan terimakasih dan menunjukan kepuasan atas tugas yang telah diselesaikan
·         Menunjukan perhatian bila ada persoalan
Prinsip – prinsip HR
·         Importance of individual
·         Mutual acceptance
·         Common interest
·         Open communication
·         Participation employee
·         Local identify
·         Local decision
·         Hight moral standards

1 komentar: